Tips Membuat Band Indie

VISI DAN MISI
Terbukti ini klise, tapi ini dasar. Tak sedikit band baru yang bubar gara-gara visi serta misi-nya nggak jelas. Mengingat faktor tersebut, band kalian wajib menciptakan suasana yang komunikatif antar personel. Tau karakter, kemauan, cita-cita serta cita-cita antar personel. Buatlah suasana band baru kalian tetep fun, mesikipun terkadang tak sedikit perbedaan pandangan, tapi justru itu yang membikin band kalian terus solid serta tau arahnya kemana.

Tips Membuat Band Indie

NAMA BAND
Ini penting. Jangan terlalu percaya jargon "apalah pengertian suatu  nama". Bohong banget kalau seseorang memberi nama untuk anaknya tanpa berpikir terlebih dahulu. Tentu orang tua ingin nama yang paling baik untuk anaknya. Begitu juga dengan band yang bakal kalian namai, pikirkan nama band indie / band cafe yang sekiranya dapat mewakili karakter serta paling baik untuk band kamu. Kalau tetap bingung, buatlah list beberapa nama band, lalu buatlah survey. It's gonna be fun dude!

WARNA MUSIK
Tentukan warna musik band indie kamu. Cobalah nge-jam di studio, keluarkan uneg-uneg bermusik kalian sebebasnya. Tuangkan beberapa keunikan-keunikan yang ada di setiap personel. Untuk band baru, ada baiknya kalian lebih kreatif serta inovatif. Cobalah mencari pilihan lain dari "musik band-band umum" yang sedang tak sedikit di push tak sedikit media. Tapi bukan berarti kalian meperbuat itu sebab terpaksa, tapi sesuai dengan karakter masing-masing personel. Kalau membikin band pop / band cafe, jadilah band pop dengan warna baru, begitu juga dengan genre yang lainnya. Jangan hingga jargon "meramaikan blantika musik Indonesia" berubah sehingga "menyeragamkan blantika musik indonesia". Be creative!

MEMBUAT DEMO
Demo pertama kalian wajiblah mantap! sebab lagu kalian bakal sehingga "first impression" bagi orang-orang serta tak sedikit pihak khususnya media. Matangkan lagu kalian dengan latihan serta briefing yang selalu. Sebelum membikin demo track(album baru), buatlah dulu demo 'live'. Demo live biasanya merekam lagu kami selama latihan. Seusai itu, dengarkan bersama-sama serta cari ketidak lebihannya. Dengan begitu, kalian dapat lebih mematangkan aransemen lagu menjadi lebih mantap. Seusai siap untuk membikin demo track(album baru) di studio, carilah studio (label rekaman) yang punya SDM yang keren untuk perihal recording, mixing hingga mastering.

MANAGE YOUR BAND
Kalau kalian mulai tak enjoy dengan mengerjakan perihal managerial sendiri, mulailah mencari manager. Well, singkatnya, tugas mutlak seorang manager merupakan mengurus segala keperluan band bakal panggung, mengkeadaankan keuangan band biar manjur serta stabil, serta yang penting merupakan sebagai pihak yang dapat menangani persoalan-persoalan internal di band alias manajemen band anda. Band yang baik merupakan band yang ter-manage(manajemen band) dengan baik pula. Carilah manager dari orang-orang terdekat, diutamakan yang tau karakter personel, punya link serta pergaulan yang luas, wawasan musik yang lumayan serta yang paling penting merupakan orang yang jujur. Itu bakal sangat menolong.

Author:

Facebook Comment