Cara Menggunakan Masker Kain Dengan Tepat

Masker kain saat ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat maka dari itu wajar jika semakin banyak yang jual masker kain. Semakin tinggi permintaan tentu akan semakin banyak penjual namun jangan khawatir karena harga masker kain tetap murah meskipun permintaan yang banyak karena stok yang mencukupi.

Cara Menggunakan Masker Kain Dengan Tepat


Cara Mengenakan Masker Kain

Masker kain memang disebut kurang efektif dalam menyaring partikel-pertikel virus yang kecil namun bukan berarti masker kain tidak layak digunakan. Apalagi stok masker bedah yang terbatas sehingga masker kain dapat menjadi alternatifnya. Jadi lebih baik mengenakan masker kain daripada tidak sama sekali.

Setidaknya efektivitas masker kain dalam penyaringan partikel virus mencapai hingga 71% sehingga tetap dapat melindungi anda dari virus corona dan juga mencegah agar droplets dari penderita tidak menular ke orang lain di sekitarnya. Namun agar masker efektif dan aman digunakan, terdapat tips atau cara penggunaan yang benar yaitu :

1.       Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menggunakan masker. Bentangkan masker kemudian kenakan pada wajah dan selipkan tali pada bagian belakang telinga. Pastikan posisi masker sudah sesuai dan tidak longgar agar tidak ada celah di seluruh sisi. Masker harus dapat menutupi area hidung, mulut dan dagu dengan sempurna.

2.       Cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum melepas masker.

3.       Hindari menyentuh area wajah dengan tangan kotor. Apabila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir bisa menggunakan hand sanitizer minimal mengandung 60% alkohol namun tetap harus cuci tangan nantinya.

4.       Hindari menyentuh bagian luar masker pada saat menggunakan masker. Hal ini karena permukaan masker kain sudah penuh dengan virus dan bakteri sehingga sebaiknya menyentuh bagian depan masker pada saat tangan masih kotor dan juga area wajah lainnya.

5.       Jangan lupa untuk mencuci tangan kembali dengan sabun dan air mengalir setelah melepas masker.

6.       Jangan menggunakan masker kain lebih dari 4 jam.

7.       Lepaskan tali di sisi kanan dengan tangan kanan dan sebalinya sisi kiri dengan tangan kiri.

8.       Masker kain terdiri dari berbagai ukuran mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran wajah dan pastikan masker dapat menutupi hidung, mulut hingga ke dagu.

9.       Segera cuci masker dengan deterjen. Jika bisa, gunakan air panas agar lebih bersih dan steril.

10.   Segera ganti masker kain dengan yang baru apabila masker sudah rusak atau robek.


Pastikan untuk memilih produsen masker kain berkualitas dan terpercaya. Anda dapat memesannya di Custom.co.id yang jual masker kain untuk siapa saja dengan harga terjangkau. Anda juga bisa membuat masker kain dengan desain yang diinginkan sehingga masker tidak terlalu polos.

Deskripsi : jual masker kain berkualitas memang sudah banyak namun tetap harus digunakan dengan cara yang benar.


Author:

Facebook Comment